Imajinasikuuu: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MENYIMAK

Sabtu, 28 Desember 2013

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MENYIMAK


 

Menurut pendapat Michael (1991:108) faktor-faktor yang penting dalam keterampilan menyimak dalam kelas adalah siswa menuliskan butir-butir penting bahan simakan terutama yang berhubungan dengan bahan simakan. Untuk dapat mengajarkan menyimak sampai pada pemahaman, guru perlu menyusun bahan simakan. Penyusunan materi menyimak pun tidak asal mendapatkan materi saja, tetapi ada beberapa yang harus diperhatikan guru dalam penyusunan materi ini di antaranya: 

  •     sasaran kegiatan siswa

  • sasaran kompetensi siswa,

  • metode pembelajaran, dan

  • faktor keberhasilan menyimak (Budiman, 2008:2).

Menurut pendapat Rost (1991:108) bahwa faktor-faktor yang penting dalam keterampilan menyimak dalam kelas adalah siswa menuliskan butir-butir penting bahan simakan terutama yang berhubungan dengan bahan simakan. Pendapat lain menurut Tarigan (1994:62),     komponen/faktor-fantor penting dalam menyimak adalah sebagai berikut.

  • Membedakan antar bunyi fonemis,

  •  Mengingat kembali kata-kata,

  •  Mengidentifikasi tata bahasa dari sekelompok kata. 

  • Mengidentifikasi bagian-bagian pragmatik, eskpresi, dan seperangkat penggunaan yang   berfungsi sebagai unit sementara mencari arti/makna 

  • Menghubungkan tanda-tanda linguistik ke tanda-tanda para linguistik (intonasi) dan ke nonlinguistik (situasi yang sesuai dengan objek supaya terbangun makna, menggunakan pengetahuan awal (yang kita tahu tentang isi dan bentuk dan konteks yang telah siap dikatakan untuk memperkirakan dan kemudian menjelaskan makna. 

  •   Mengulang kata-kata penting dan ide-ide penting.

Selain itu, masih ada beberapa faktor penting dalam keterampilan menyimak, di antaranya:

  1. Unsur Pembicara

         Pembicara haruslah menguasai materi, penuh percaya diri, berbicara sistematis dan kontak dengan  penyimak juga harus bergaya menarik / bervariasi

           2. Unsur Materi

    Unsur yang diberikan haruslah aktual, bermanfaat, sistematis dan seimbang. Materi yang disusun pun sebaiknya memperhatikan tingkat perkembangan siswa. Tema materi yang dipergunakan sebaiknya bervariatif. Dengan demikian, siswa kita tidak akan jenuh belajar dan pembelajaran menyimak menjadi menyenangkan.

           3. Unsur Penyimak / Siswa

  • Kondisi siswa dalam keadaan baik 

  •  Siswa harus berkonsentrasi 

  •  Adanya minat siswa dalam menyimak 

  •  Penyimak harus berpengalaman luas     

    4. Unsur Situasi

a.       Waktu penyimakan

b.      Saran unsur pendukung

c.       Suasana lingkungan, yang mempengaruhi tersebut memberikan kenyataan bahwa siswa dapat menyimak bahan dengan baik atau tidak. Harus dihindari faktor lingkungan yang akan berpengaruh buruk bagi keberhasilan pengembangan kompetensi menyimak. Faktor tersebut misalnya minimnya fasilitas (tidak ada laboratorium), suasana menyimak tidak nyaman (ruangan telalu lebar, kelas di sebelah kita terlalu berisik).

 



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar