FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MENYIMAK
Menurut pendapat Michael (1991:108)
faktor-faktor yang penting dalam keterampilan menyimak dalam kelas adalah siswa
menuliskan butir-butir penting bahan simakan terutama yang berhubungan dengan
bahan simakan. Untuk dapat mengajarkan menyimak sampai pada pemahaman, guru
perlu menyusun bahan simakan. Penyusunan materi menyimak pun tidak asal
mendapatkan materi saja, tetapi ada beberapa yang harus diperhatikan guru dalam
penyusunan materi ini di antaranya:
sasaran kegiatan siswa
sasaran kompetensi siswa,
metode pembelajaran, dan
faktor keberhasilan menyimak
(Budiman, 2008:2).
Menurut pendapat Rost (1991:108)
bahwa faktor-faktor yang penting dalam keterampilan menyimak dalam kelas adalah
siswa menuliskan butir-butir penting bahan simakan terutama yang berhubungan
dengan bahan simakan. Pendapat lain menurut Tarigan (1994:62), komponen/faktor-fantor penting dalam
menyimak adalah sebagai berikut.
Membedakan antar bunyi fonemis,
Mengingat kembali kata-kata,
Mengidentifikasi tata bahasa dari sekelompok
kata.
Mengidentifikasi bagian-bagian pragmatik,
eskpresi, dan seperangkat penggunaan yang
berfungsi sebagai unit sementara mencari arti/makna
Menghubungkan tanda-tanda linguistik
ke tanda-tanda para linguistik (intonasi) dan ke nonlinguistik (situasi yang
sesuai dengan objek supaya terbangun makna, menggunakan pengetahuan awal (yang
kita tahu tentang isi dan bentuk dan konteks yang telah siap dikatakan untuk
memperkirakan dan kemudian menjelaskan makna.
Mengulang kata-kata penting dan
ide-ide penting.
Selain itu, masih ada beberapa
faktor penting dalam keterampilan menyimak, di antaranya:
Unsur Pembicara
Pembicara haruslah menguasai materi,
penuh percaya diri, berbicara sistematis dan kontak dengan penyimak juga harus bergaya
menarik / bervariasi
2. Unsur Materi
Unsur yang diberikan haruslah
aktual, bermanfaat, sistematis dan seimbang. Materi yang disusun pun sebaiknya
memperhatikan tingkat perkembangan siswa. Tema materi yang dipergunakan
sebaiknya bervariatif. Dengan demikian, siswa kita tidak akan jenuh belajar dan
pembelajaran menyimak menjadi menyenangkan.
3. Unsur Penyimak / Siswa
Kondisi siswa dalam keadaan baik
Siswa harus berkonsentrasi
Adanya minat siswa dalam menyimak
Penyimak harus berpengalaman luas
4. Unsur Situasi
a. Waktu penyimakan
b. Saran unsur pendukung
c. Suasana lingkungan, yang
mempengaruhi tersebut memberikan kenyataan bahwa siswa dapat menyimak bahan
dengan baik atau tidak. Harus dihindari faktor lingkungan yang akan berpengaruh
buruk bagi keberhasilan pengembangan kompetensi menyimak. Faktor tersebut
misalnya minimnya fasilitas (tidak ada laboratorium), suasana menyimak tidak
nyaman (ruangan telalu lebar, kelas di sebelah kita terlalu berisik).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar